Sabtu, 27 Agustus 2011

Pulau Biak

Biak adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih sebelah utara pesisir Provinsi Papua, Indonesia. Posisi Biak berada di sebelah barat laut Papua Nugini. Biak adalah pulau terbesar diantara rantai kepulauan kecil, serta mempunyai banyak atol dan terumbu karang. Biak juga merupakan ibukota dari Kabupaten Biak Numfor.

    Kabupaten Biak Numfor terdiri dari 2 (dua) pulau kecil yaitu Pulau Biak dan Pulau Numfor, serta lebih dari 42 pulau sangat kecil, termasuk Kepulauan Padaido yang menjadi primadona pengembangan kegiatan dari berbagai pihak. Luas keseluruhan Kabupaten Biak Numfor adalah 5,11 % dari luas wilayah provinsi Papua. Kabupaten Biak Numfor terletak di Teluk Cenderawasih pada titik 0°21′-1°31′ LS, 134°47′-136°48′ BT dengan ketinggian 0 – 1.000 meter di atas permukaan laut.

    Kabupaten ini merupakan gugusan pulau yang berada di sebelah utara daratan Papua dan berseberangan langsung dengan Samudera Pasifik.
   
    Posisi ini menjadikan Kabu-paten Biak Numfor sebagai salah satu tempat yang strategis dan penting untuk berhubungan dengan dunia luar terutama negara-negara di kawasan Pasifik, Australia, atau Filipina. Letak geografis ini memberikan kenyataan bahwa posisinya sangat strategis untuk membangun kawasan industri, termasuk industri pariwisata.

    Mengenai wisata Pulau Biak sendiri khususnya sangat menarik untuk dikunjungi, biak menawarkan keindahan alamnya yang eksotis dibalut dengan nuansa tropis di wilayah pasifik. Dikelilingi oleh pantai dengan panoramanya yang indah, obyek wisata historis dari perang dunia ke-2, dan obyek-obyek wisata lainnya dapat mengiring perjalanan anda di biak.

(biakerz.woedpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar