Sabtu, 27 Agustus 2011

Jembatan Barelang - Batam

Salah satu ikon wisata kota Batam adalah jembatannya yang tinggi dan megah, yaitu Jembatan Barelang yang juga berfungsi menghubungkan 3 pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang. Masyarakat setempat menyebutnya "Jembatan Barelang", namun ada juga yang menyebutnya "Jembatan Habibie", karena Habibielah yang memprakarsai pembangunan jembatan itu untuk menfasilitasi ketiga pulau yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industri di Kepulauan Riau. Ketiga pulau itu sekarang termasuk Provinsi Kepulauan Riau, Kepri. 

    Jembatan ini merupakan rangkaian dari enam jembatan. Keenam jembatan itu memiliki nama yang diambil dari nama raja-raja yang pernah berkuasa di Kerajaan Melayu-Riau pada abad 15 sampai 18. 

    Pertama adalah jembatan Tengku Fisabilillah, yaitu jembatan yang menghubungkan P. Batam dengan P. Tonton dan memiliki lebar tinggi 642 x 350 x 38 meter.

    Kedua adalah jembatan Narasinga, yaitu jembatan yang menghubungkan P. Tonton dengan P. Nipah. Jembatan ini berbentuk lurus tanpa lengkungan dan memiliki panjang lebar tinggi 420 x 160 x 15 meter.

    Jembatan ketiga adalah jembatan Ali Haji yang menghubungkan P. Nipah dengan P. Setokok dan memiliki panjang lebar tinggi 270 x 45 x 15 meter.
    Keempat adalah jembatan Sultan Zainal Abidin, yang menghubungkan P. Setokok dengan P. Rempang dan memiliki panjang lebar tinggi 365 x 145 x 16.5 meter.
   
    Kelima adalah jembatan Tuanku Tambusai; menghubungkan P.Rempang dengan P. Galang dan memiliki panjang lebar tinggi 385 x 245 x 31 meter.

    Jembatan keenam adalah Jem-batan Raja Kecil yang menghubungkan P. Galang dengan P. Galang Baru dan memiliki panjang lebar tinggi 180 x 45 x 9.5 meter.

    Jembatan Barelang adalah salah satu objek wisata yang sering diidentikkan dengan Batam dan telah menjadi trade mark Pulau Batam.

(Sumber : vibzlife.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar