Rabu, 14 September 2011

Bandung Penuhi Amanah UURI No. 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan

PT Indonesia AirAsia mengoperasikan dua unit Airbus A320 untuk melayani penerbangan Bandung-Kuala Lumpur dan Bandung-Singapura.

Pendaratan Pesawat Airbus A320 Milik Air Asia di Bandara Husein Sastranegara
Presdir AirAsia Dharmadi mengatakan pengoperasian pesawat ini merupakan bagian dari rencana perusahaan menggaet lebih banyak penumpang dari Malaysia dan Singapura ke Bandung.

“Ini merupakan komitmen kami dalam mendukung sektor pariwisata Bandung atau Jabar,” katanya.

AirAsia mempunyai 6 jadwal penerbangan dalam satu hari dari Bandung untuk tujuan Medan, Denpasar, Kuala Lumpur dan Singapura. Hal tersebut diungkakan oleh Mario bagian Informasi PT Indonesia AirAsia di Jakarta saat dikonfirmasi via Telepon oleh Pemimpin Redaksi.

Menurut Ahmad Sudirman bagian informasi PT. Angkasa Pura II Husein sastranegara via telepon dengan Pemimpin Redaksi Media Kajian & TATA RUANG Indonesia bahwa dengan telah di overlay sepanjang 1,8 Km bahwa Bandara Husein Sastranegara aman untuk dilandasi Pesawat Jenis Airbus A320 yang dimiliki oleh PT Indonesia AirAsia.

“Bandara Husein aman karena menggunakan runway dari arah timur” jelas Ahmad. Kemudian “masalah Gunung Bohong yang menjadi penghalang jalur masih dalam tahap penyelesaian” tambahnya.

Ahmad Sudirman mengatakan sekitar 1000 orang penumpang yang keluar masuk melewati Bandara Husein Sastranegara. Hal ini menunjang Bandung Visit Years 2011 dimana Kota Bandung akan berulang tahun yang ke 201.

BANDAR Udara Husein Sastranegara, Bandung, memang dikenal sebagai bandara yang memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi. Husein Sastranegara juga terbilang paling sulit. Hal tersebut disampaikan oleh Capt R Muh Syafei, mantan Pilot Garuda Indonesia.

Karena dikelilingi oleh pegunungan, bandara ini hanya memiliki satu celah untuk masuk, yaitu celah Padalarang. Dari celah itu pesawat bisa mendarat atau menerbangkan pesawat di runway yang tergolong pendek.

Bandara Husein Sastranegara masuk dalam bandara dengan tingkat kesulilitan IV atau yang paling sulit. Selain Husein Sastranegara ada bandara lain yang sama sulitnya, yaitu bandara lama Padang, Bandara Samratulangi (Manado), dan Bandara Patimura (Ambon).
Dada Rosada - Walikota Bandung

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung berencana memapas gunung Bohong di Kota Cimahi untuk mempermudah pesawat mendarat.

Selama ini, setiap pesawat yang datang dari Jakarta atau lainnya selalu memutar sebelum mendarat di Bandara Husein karena ada Gunung Bohong. Jadi gunung itu akan dipapas. "Tahun ini baru akan dibicarakan," Kata Wali Kota Bandung Dada Rosada.

Airbus A320 adalah jenis kelompok pesawat penum-pang komersial jarak dekat sampai menengah yang diproduksi oleh Airbus.

Jenis pesawat ini dilengkapi dengan sistem Fly-By-Wire, yang mengoperasikan kontrol pesawat (flight control) melalui sinyal elektronik dan tidak memakai kabel.

Keuntungan dari penggunaan sistem ini, tidak hanya efisien yang berdampak pada penghematan pengguna-an bahan bakar, juga dapat meningkatkan keselamatan penerbangan melalui kontrol yang dilakukan oleh pilot dan pemantauan data melalui komputer (computer monitor input) yang biasa disebut dengan flight envelop protection.

Pesawat ini bisa beroperasi di bandara manapun dengan minimum panjang landasan pacu hanya 1.8 Km.

Com/Mulyadi/Pemimpin Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar